Manfaat Tomat bagi Kanker Prostat

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa sering konsumsi produk tomat atau lycopene, sebuah antioksidan dalam saus tomat, dapat berhubungan dengan rendahnya risiko kanker prostat. Untuk mengkonfirmasi temuan ini, Edward Giovannucci, MD, Sc.D., dan rekan dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard School of Public Health dianalisis tomat-produk-pola konsumsi dan kasus kanker prostat di antara sekitar 47.400 orang terdaftar di Health Professionals Follow -Up Study.

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi saus tomat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat di kalangan orang-orang keturunan Eropa Selatan (yang biasanya memiliki diet yang kaya tomat), dan di antara orang-orang keturunan Kaukasia. Para penulis sering menyimpulkan bahwa konsumsi produk tomat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Mereka mencatat, bagaimanapun, bahwa itu masih harus dilihat apakah lycopene merupakan senyawa kunci dalam mengurangi risiko kanker prostat.

Bagaimana artikel ini berhubungan dengan saya?

Makan lebih banyak buah dan sayuran untuk mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung mendapatkan lebih banyak dukungan. Tomat kembali dalam berita. Riset sebelumnya telah menyarankan bahwa memakan produk-produk berbasis tomat menurunkan kesempatan untuk mendapatkan prostat, perut, dan kanker paru-paru. Sejauh ini, bukti-bukti terkait paling erat dengan penurunan kanker prostat.

Artikel ini merujuk pada sebuah studi yang tampak pada kebiasaan makan lebih dari 47.000 orang. Orang-orang yang makan saus tomat atau tomat yang dimasak olahan dari dua atau lebih kali per minggu memiliki peluang 20 persen lebih rendah untuk mengembangkan kanker prostat.

Meskipun belum terbukti, lycopene dapat menjadi bahan utama dalam tomat yang mengarah ke kurang risiko kanker. Lycopene adalah carotenoid yang memberikan tomat, semangka, dan jeruk warna merah mereka. Lycopene adalah antioksidan.

Perubahan apa yang harus saya buat?

Sebagian besar buah-buahan dan sayuran dapat dimakan mentah untuk mendapatkan nilai gizi lengkap. Tomat kemungkinan pengecualian. More lycopene dilepaskan dari tomat yang dimasak. Ini bisa jadi alasan mengapa penurunan risiko kanker terlihat dengan saus tomat dan produk-produk berbasis tomat, daripada tomat mentah. Selain itu, likopen yang terbaik adalah diserap melalui usus bila dimakan dengan lemak.

Jadi memasak tomat dalam minyak zaitun secara teoretis masuk akal. Anda memecah dinding sel tomat, yang lycopene dilepaskan, Anda menyerap lebih banyak, dan Anda mendapatkan manfaat dari makan lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Apa yang dapat saya harapkan di masa depan?

Ini sangat menarik untuk berpikir bahwa kita mulai belajar makanan apa yang dapat membantu mencegah penyakit-penyakit tertentu. Umum rekomendasi untuk pola makan yang sehat dikombinasikan dengan olahraga teratur mungkin tidak akan banyak berubah selama beberapa tahun. Tapi menemukan makanan tertentu yang tidak hanya berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat, tapi benar-benar mencegah hal itu, akan menjadi penemuan yang fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *