Google Adsense
| Pelahap Daging Merah Beresiko Terkena Kanker Usus Besar |
|
|
|
| Friday, 05 February 2010 00:00 | |||
|
Oleh: Daniel J. DeNoon - WebMD Health News 11 Januari 2005 - Kabar buruk untuk pemakan daging sapi: daging merah benar-benar meningkatkan risiko kanker usus besar.
Berita ini sangat buruk terutama bagi mereka yang menggemari banyak makan siang daging, seperti hot dog, dan sosis. Makan banyak makanan olahan ini meningkatkan resiko kanker usus besar sebesar 50%, laporan Marjorie L. McCullough, Scd, epidemiologis senior pada American Cancer Society di Atlanta. McCullough dan rekan-rekannya melaporkan temuan tersebut pada The Journal of American Medical Association terbitan 12 Januari. "Intinya adalah bahwa orang-orang yang makan daging merah beresiko paling tinggi terkena kanker usus besar daripada mereka yang makan sedikit," McCullough mengatakan kepada WebMD. "Sangat sedikit dari orang-orang yang beresiko lebih rendah ini tidak makan daging merah sama sekali. Bukan berarti kita mengatakan orang-orang itu tidak pernah menyantap daging merah. Namun ini menunjukkan adalah penting untuk membatasi jumlah daging merah yang Anda konsumsi." Para peneliti mengumpulkan informasi rinci tentang diet pada hampir 150 ribu pria dan wanita yang berusia antara 50 sampai dengan 74 tahun dan tinggal di 21 negara bagian Amerika Serikat. Mereka mengumpulkan data ini pada tahun 1982 dan 1992-1993, dan mengikuti mereka sampai akhir Agustus 2001. Pada waktu itu, 1.667 peserta studi yang mengalami kanker usus besar. Penelitian ini juga mencatat faktor-faktor yang diketahui meningkatkan resiko kanker usus besar, seperti merokok, kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan alkohol, usia, dan kurangnya asupan serat serta faktor yang dapat menurunkan risiko, seperti penggunaan aspirin sehari-hari. Berapa Banyak Daging Merah yang Aman untuk Dimakan? Orang yang makan lebih banyak ikan, ayam dan kalkun memiliki resiko kanker usus besar lebih rendah daripada mereka yang lebih suka daging sapi dan babi. "Mereka yang memakan jumlah yang lebih banyak dari unggas dan ikan, terutama untuk jangka panjang, memiliki sekitar 30% risiko lebih rendah terkena kanker usus besar dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak makan unggas dan ikan," kata McCullough. "Orang-orang yang mengkonsumsi daging merah dua sampai tiga kali sesering daging putih memiliki sekitar 50% risiko tinggi terserang penyakit kanker usus besar." Jadi berapa banyak daging merah yang dimaksud dengan terlalu banyak? Pecinta Burger, kencangkan sabuk pengaman Anda. Dalam studi tersebut, konsumsi daging merah yang tinggi adalah 3 ons sehari untuk pria dan ons 2 untuk perempuan. Itu benar. Hampir tidak cukup hamburger harian untuk menutup telapak tangan menimbulkan risiko kanker. Makan hamburger setiap hari hampir se-ukuran telapak tangan sudah meningkatkan resiko kanker anda. Berapa banyak daging merah yang aman? McCullough mengatakan penelitian ini tidak dirancang untuk menentukan jumlah yang sehat dari daging merah. Namun studi menemukan resiko kanker usus besar terendah pada pria yang mekan kurang dari 1,5 ons daging merah per hari dan pada wanita yang makan kurang dari 1 ons daging merah per hari. "Cara yang baik untuk memikirkan rencana ini adalah untuk memilih lebih banyak unggas dan ikan pada makanan Anda daripada daging merah," katanya. "Jika dalam seminggu biasanya Anda mempunyai 21 macam makanan, cobalah memilih sebagian kecil dari daging merah pada hanya satu kali makan sehari dan mulai dari sana. Jika Anda biasanya makan daging merah sekali sehari, maka kurangilah menjadi seminggu sekali. Cara terbaik adalah memikirkan daging merah sebagai traktiran khusus." Tentu saja, daging merah bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan resiko kanker usus besar, catatan Walter C. Willett, MD, DrPH, ketua departemen nutrisi di Harvard School of Public Health di Boston. Willett editorial yang menyertai studi American Cancer Society. "Untuk menjaga risiko terkena kanker tetap rendah, sekarang kita tahu bahwa tetap ramping dan aktif adalah salah satu hal yang paling penting yang bisa kita lakukan, sekaligus tidak merokok," kata Willett dalam sebuah pernyataan. "Secara keseluruhan bukti-buktinya bahwa mengganti daging merah dengan beberapa kombinasi ikan dan unggas, dan mungkin beberapa kacang sebagai sumber protein, akan memiliki efek yang cukup bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker usus. Hal ini tentu akan memiliki dampak bermanfaat untuk mengurangi penyakit jantung juga."
|
|||
| Last Updated on Sunday, 05 September 2010 21:19 |



Ini bukanlah berita. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak makan daging banyak mendapatkan kanker. Sekarang sebuah studi besar, Studi selama 20 tahun dari American Cancer Society mengkonfirmasi temuan ini. Intinya: Mereka yang makan daging paling merah - daging sapi dan / atau babi dan / atau produk daging olahan lainnya - terkena kanker usus besar 30% sampai 40% lebih sering daripada mereka yang makan makanan ini hanya sekali-sekali.