Home » Artikel » Kacang Tidak Bikin Kegemukan
 

Google Adsense

Kacang Tidak Bikin Kegemukan PDF Print E-mail
User Rating: / 1
PoorBest 
Monday, 05 July 2010 00:00

KacangSelain menjadi camilan favorit setiap anak dan orang dewasa, satu bungkus kacang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Kacang Rival Buah sebagai Sumber Antioksidan

Tidak hanya kacang tanah mengandung asam oleat, lemak sehat yang ditemukan dalam minyak zaitun, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa kacang yang enak ini juga kaya antioksidan seperti banyak buah-buahan.

Sementara tidak mampu membanggakan kandungan antioksidan yang dapat dibandingkan dengan buah-buahan tertinggi di antioksidan, seperti buah delima, kacang panggang melakukan menyaingi konten antioksidan dari blackberry dan stroberi, dan jauh lebih kaya antioksidan daripada apel, wortel atau bit.

Makan Kacang Menurunkan Risiko Kenaikan Berat Badan

Meskipun kacang diketahui memberikan berbagai manfaat yang melindungi jantung, banyak orang menghindari mereka karena takut akan kenaikan berat badan. Sebuah penelitian prospektif yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menunjukkan kekhawatiran tersebut tidak beralasan. Bahkan, orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan kenaikan berat badan daripada mereka yang hampir tidak pernah makan kacang.

Penelitian selama 28 bulan yang melibatkan 8.865 pria dewasa dan wanita di Spanyol, menemukan bahwa peserta yang makan kacang paling sedikit dua kali per minggu adalah 31% lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan kenaikan berat badan daripada peserta yang tidak pernah atau hampir tidak pernah makan kacang.

Dan, di antara peserta studi yang mendapatkan kenaikan berat badan, orang-orang yang tidak pernah atau hampir tidak pernah makan kacang naik lebih banyak (rata-rata lebih 424 g) daripada mereka yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu.

Penulis studi menyimpulkan, "konsumsi kacang sering dikaitkan dengan penurunan risiko kenaikan berat badan (5 kg atau lebih). Hasil ini mendukung rekomendasi konsumsi kacang sebagai komponen penting dari diet yang melindungi kesehatan jantung dan juga meredakan kekhawatiran terhadap kemungkinan kenaikan berat badan."

Last Updated on Saturday, 08 October 2011 10:41