Google Adsense
| Manfaat Kedelai bagi Kesehatan Jantung |
|
|
|
| Tuesday, 03 August 2010 00:00 | |
|
Kedelai adalah leguminosa yang paling banyak ditanam dan dimanfaatkan di dunia dan salah satu makanan yang baik bagi kesehatan yang tersedia saat ini. Seperti kacang-kacangan lainnya, kedelai tumbuh di polong, menampilkan biji untuk dimakan. Sementara kita paling sering menganggap mereka sebagai yang hijau, bijinya juga dapat berwarna kuning, cokelat atau hitam. Manfaat Kesehatan Efek kedelai yang menguntungkan sering diteliti pada wanita. Sekarang, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition telah menyelidiki efek protein kedelai dan isoflavon kedelai pada tekanan darah dan kadar kolesterol dalam 61 laki-laki setengah baya, berisiko tinggi mengalami penyakit jantung koroner. Selama lima minggu, setengah pria dikonsumsi diet yang mengandung paling sedikit 20 gram protein kedelai dan 80 miligram isoflavon kedelai setiap hari. Efek pada tekanan darah mereka, kadar kolesterol, dan ekskresi urin isoflavon diukur, dan kemudian dibandingkan dengan bagian lain dari orang-orang yang diberi diet minyak zaitun yang mengandung plasebo. Pria-pria yang mengkonsumsi kedelai dalam diet mereka ditemukan memiliki penurunan signifikan dalam kedua diastolik dan sistolik tekanan darah. Tidak hanya itu kolesterol total darah mereka secara signifikan lebih rendah, tetapi tingkat HDL (kolesterol baik) mereka meningkat secara signifikan. Sedangkan kelompok kontrol mengkonsumsi makanan kedelai yang mengandung bebas minyak zaitun juga mengalami peningkatan kadar kolesterol HDL mereka, tekanan darah mereka tidak terpengaruh, mereka juga tidak tingkat LDL (yang berpotensi membahayakan) drop kolesterol. Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan harian setidaknya 20 gram protein kedelai termasuk 80 mg isoflavon untuk minimum 5 minggu akan efektif dalam mengurangi resiko penyakit jantung pada pria paruh baya yang berisiko tinggi.
|
|
| Last Updated on Saturday, 08 October 2011 10:40 |



Kacang kedelai yang rasanya lezat telah dibudidayakan di Cina selama lebih dari 3.000 tahun namun kabar baik tentang kelezatan dan manfaat kesehatannya yang luar biasa adalah sebuah fenomena yang relatif baru bagi dunia Barat. Berbagai macam varietas yang berbeda dari leguminosa yang benar-benar menakjubkan ini tersedia sepanjang tahun.